Dukung Gubernur Olly, Menteri Teten Siapkan Program Khusus di Sulut

"Jadi memang tidak bisa membiarkan petani itu maju dan berkembang dengan skala kecil, harus dalam bentuk korporatisasi. Pengalaman di negara maju seperti itu,"

Dukung Gubernur Olly, Menteri Teten Siapkan Program Khusus di Sulut

JawaPos.com – Kementerian Koperasi dan UMKM akan menjadikan provinsi Sulawesi utara (Sulut) sebagai role model untuk penerapan korporatisasi pertanian dan program khusus koperasi nelayan. Program tersebut digulirkan dalam rangka penguatan ekonomi berbasis pangan.

“Bantuan pemerintah tidak hanya permodalan saja tapi juga kepastian agregator, untuk berbagai produk antara lain kelapa, perikanan dan udang,” ujar Menkop UMKM Teten Masduki saat menerima Gubernur Sulut Olly Dondokambey di ruang kerjanya, Kamis (16/9) di Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Teten mengungkapkan, gebrakan Gubernur Olly untuk memacu sektor pertanian dan perikanan perlu didukung. Karena itu, pihaknya akan menyiapkan beberapa skema untuk kelembagaan seperti koperasi nelayan juga pola korporatisasi petani.

“Jadi kita memang tidak bisa membiarkan petani itu maju dan berkembang dengan skala kecil, harus dalam bentuk korporatisasi. Pengalaman negara maju seperti New Zealand dan Norwegia seperti itu,” ujar Teten.

Teten pun merespons positif dan menyampaikan pola ini akan langsung dijadikan program nasional yang akan dimulai dari sulut. Pihaknya akan turun bersama dengan KKP untuk wujudkan program ini.

“Apalagi kami sebetulnya hanya tinggal mendukung saja karena pak Gubernur sendiri sudah berhasil. Kami akan lintas kementerian untuk wujudkan ini,” ujar Teten.

Diketahui, pada pertemuan tersebut, Menkop UMKM didampingi Staf Khusus Riza Damanik dan Gubernur Olly Dondokambey didampingi Michael Umbas. Direncanakan Menkop UMKM dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono akan berkunjung ke Sulut untuk meluncurkan program ini.

“Ini momentum paling tepat, karena kebutuhan pangan dunia sangat tinggi. Jadi ekonomi pangan ini yang kita dorong sesuai arahan Presiden Jokowi. Kita lihat Sulut bisa berperan di Indonesia Timur, dengan potensi perikanan dan kelautan yang melimpah dan sudah ada success story Pak Gubernur Olly,” tandas Teten Masduki.