Jokowi: Porang adalah Makanan Pokok Masa Depan

"Porang ternyata dibuat apa saja dan menanamnya mudah. Di tanah yang kaya apapun dia bisa hidup. Bisa untuk (pengganti) beras, bisa untuk agar-agar," katanya.

Jokowi: Porang adalah Makanan Pokok Masa Depan

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pengembangan industri komoditas baru di Indonesia yakni tanaman porang. Tanaman itu memiliki banyak manfaat. Jokowi menyebut porang sebagai makanan alternatif beras. Bahkan sudah ada yang mengolah porang menjadi kosmetik dan mie.

“Porang ternyata dibuat apa saja dan menanamnya mudah. Di tanah yang kaya apapun dia bisa hidup. Bisa untuk (pengganti) beras, bisa untuk agar-agar, bisa untuk kosmetik, bisa untuk mie,” ujar Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (28/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menilai porang bisa menjadi makanan pokok pengganti beras pada masa depan. Bahkan Jepang dan Korea sudah menggunakan tanaman tersebut sebagai bahan makanan.

“Yang paling penting adalah makanan pokok masa depan dan sudah dimulai di Jepang dan Korea,” katanya.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi mendorong masyarakat bisa mengembangkan industri tanaman porang ini. Sebab jika dijadikan makanan, komoditad itu sangat sehat.

“Porang rendah kalori, rendah karbohidrat, dan gluten free, tidak ada gula. Ya ini masakan sehat,” ungkapnya.

Diketahui, porang merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari famili Araceae memiliki nama latin Amorphophallus oncophyllus prain. Porang merupakan tanaman penghasil gizi baik seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan.

Menurut sumber pangan.litbang.pertanian.go.id, sejak masa penjajahan Jepang, masyarakat dipaksa untuk mengumpulkan umbi porang sebagai pemenuhan bahan pangan dan industri di Jepang. Saat perang dunia II terjadi, porang diekspor ke Jepang, Taiwan, Singapura, dan Korea Selatan.