Kumpulan 13 Foto Sureal yang Cocok Menggambarkan Situasi Sepanjang 2021

Tahun yang tak lebih baik dari 2020 ini nyaris berakhir. Setidaknya kita bisa mengenang 2021 dengan fenomena anjing biru, milisi Taliban piknik, serta berbagai foto sureal lain yang direkam sepanjang tahun.

Kumpulan 13 Foto Sureal yang Cocok Menggambarkan Situasi Sepanjang 2021

Tahun 2021 sudah siap diganti lembaran kalender baru. Kondisi setahun terakhir tidak lebih baik dibanding 2020. Pandemi masih menggelayuti hidup mayoritas umat manusia. Banyak perubahan yang terjadi serba gegas, bahkan membuat kita cemas.

Namun para fotografer di berbagai negara tetap berhasil mengabadikan momen-momen menarik. Bukan sekadar penting, tapi juga sureal, malah cenderung absurd. Ke-13 foto yang kami kumpulkan berikut rasanya cocok menggambarkan apa saja yang membuat 2021 terasa sebagai tahun sureal.

Berikut di antaranya:

Lordi Suntik Vaksin

Bahkan, seorang musisi metal kenamaan tetap merasa wajib mendapat suntik vaksin supaya tubuhnya aman dari Covid-19. Lordi, bernama asli Tomi Petteri Putaansuu, adalah vokalis metal kesohor asal Finlandia. Tentu karena ini Lordi, tentu dia tidak bisa begitu saja datang ke rumah sakit saat suntik vaksin, seperti kalian lihat di foto awal artikel ini.

Dia tetap berdandan layaknya manusia separuh iblis yang meneror pedesaan Skandinavia pada Abad Pertangahan. Setidaknya, manusia separuh iblis saja sadar bahwa vaksinasi penting bagi kemaslahatan kita semua selama pandemi masih melanda.

Cumbre Vieja Mengubur Desa-Desa

Photo: AP Photo/Emilio Morenatti
Foto oleh Emilio Morenatti/AP Photo

Ini adalah salah satu foto bencana yang viral dan menyita perhatian banyak orang. Dampak letusan gunung Cumbre Vieja terhadap Pulau La Palma di Spanyol, menurut netizen, sudah seperti editan photoshop seniman. Namun, beginilah karya alam saat memuntahkan 10 juta kubik abu sejak September 2021. Fotografer Emilio Morenatti dari kantor berita Associated Press mendatangi beberapa desa yang terkubur abu di La Palma sebulan setelah Cumbre Vieja erupsi, merekam pemandangan yang menakjubkan sekaligus mengerikan.

Presiden Dalam Kotak Kaca

Photo: ROMAN VONDROUS/POOL/AFP via Getty Images
Foto oleh ROMAN VONDROUS/POOL/AFP via Getty Images

Pada awal November 2021, Presiden Ceko Miloš Zeman mengangkat perdana menteri baru, sembaru berada di sebuah kotak kaca yang kedap udara. Upacara sumpah jabatan tersebut terpaksa dilakukan lewat prosedur macam ini, karena sang presiden yang berusia 77 tahun itu positif mengidap Covid-19.

Milisi Taliban Piknik ke Danau

Photo: WAKIL KOHSAR/AFP via Getty Images
Foto oleh WAKIL KOHSAR/AFP via Getty Images
GettyImages-1235568122 (1).jpg
Foto oleh WAKIL KOHSAR/AFP via Getty Images

Mayoritas prajurit ‘Taliban 2.0’ berusia sangat muda. Banyak yang lahir di awal tahun 2000-an. Mereka sadar medsos dan akrab dengan teknologi. Menariknya, mayoritas prajurit itu yang seumur hidupnya belum pernah mengunjungi kota besar seperti Kabul, mengingat mereka aslinya lahir di kawasan pegunungan utara Afghanistan.

Ketika pada Agustus 2021 pasukan Taliban berhasil merebut ibu kota, dan kembali berkuasa, sebagian milisi muda tak menyia-nyiakan kesempatan mendatangi beberapa lokasi wisata favorit di Afghanistan. Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi para milisi itu adalah Danau Qargha. Para milisi itu menikmati betul momen di wahana bermain, sembari menenteng roket, senapan M4, dan AK-47.

Letusan Jinak Gunung Fagradalsfjall

Photo: JEREMIE RICHARD/AFP via Getty Images
Foto oleh JEREMIE RICHARD/AFP via Getty Images

Tidak seperti peristiwa erupsi gunung lain yang membuat warga berhamburan menyelamatkan diri, penduduk di dekat Ibu Kota Reykjavik, Islandia, justru berbondong-bondong menyaksikan letusan gunung dari dekat. Sebab, letusan itu sangat jinak dan malah bikin penasaran. Ratusan orang sengajat melihat proses Gunung Fagradalsfjall memuntahkah lava pada Maret 2021. Momen itu menandai erupsi besar Fagradalsfjall yang pertama dalam 800 tahun terakhir.

Pendukung Trump Menjarah Gedung Parlemen AS

Photo: Win McNamee/Getty Images
Foto oleh Win McNamee/Getty Images

Amerika Serikat mengalami, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, insiden pendudukan Gedung Capitol yang menjadi kantor kongres (alias parlemen). Insiden kerusuhan di awal 2021 itu penuh dengan detail-detail absurd, karena massa pendukung Donald Trump yang tidak terima idolanya kalah pemilu, menjadikan momen itu seperti acara hura-hura. Salah satu demonstran yang terpotret di atas, Adam Christian Johnson, sempat membawa pulang oleh-oleh podium dari salah satu ruangan kongres. Adam tertangkap polisi sepekan setelah foto itu beredar di media massa.

Solusi untuk Musisi Bisa Manggung Saat Covid

Photo: David Ryder/Getty Images
Foto oleh David Ryder/Getty Images

Musisi adalah profesi yang cukup terdampak pandemi Covid-19. Buat latihan manggung saja sulitnya bukan main akibat aturan social distancing. Karena itulah seorang pengelola paduan suara di SMA Wenatchee, Negara Bagian Washington, AS, mencoba menyediakan solusi cerdas. Pada Februari 2021, Dawn McCormick dan tim paduan asuhannya menggelar latihan vokal lewat pod (semacam tenda mungil muat satu orang saja), supaya aman dari ancaman virus.

Laut Mati Kian Menyusut

Photo: MENAHEM KAHANA/AFP via Getty Images
Foto oleh MENAHEM KAHANA/AFP via Getty Images

Sekitar 200-an orang bersedia telanjang untuk proyek foto yang digelar pada Oktober 2021. Proyek foto ini digagas Spencer Tunick demi menyadarkan masyarakat tentang bencana ekologis di Laut Mati, yang berada di antara Israel, Tepi Barat, dan Yordania. Laut unik dengan kandungan garam tertinggi di dunia itu sudah menyusut hingga tinggal sepertiga ukuran aslinya, akibat efek perubahan iklim.

Kapal Brengsek Bikin Macet Terusan Suez

Photo: Suez Canal Authority
Foto dari arsip Otoritas Terusan Suez/Mesir

Ini adalah salah satu kapal yang akan dikenang sepanjang sejarah sebagai salah satu kapal paling merepotkan banyak orang. Ever Given, kapal raksasa sepanjang 400 meter, ngepot di saat badai dan malah memblokade Terusan Suez di Mesir pada Maret lalu. Akibatnya, jaringan perdagangan dunia terganggu selama nyaris satu pekan. Setidaknya, kapal ini memberi netizen berbagai bahan meme yang tak akan lekang oleh waktu.

Meriam Air Penghantam Kaum Anti-Covid

Photo: AP Photo/Francisco Seco
Foto oleh Francisco Seco/AP Photo

Di banyak negara, tidak semua orang bisa menerima kebijakan karantina ketat untuk mencegah penularan Covid-19. Ratusan orang di Brussel, Belgia, sampai menggelar unjuk rasa pada April 2021, dengan cara sengaja melanggar karantina. Imbasnya, polisi Brussel lantas menembakkan meriam air ke seorang demonstran anti-Covid yang berusaha kabur dari kawasan taman kota.

Eksperimen Pura-Pura Hidup di Mars

Photo: JACK GUEZ/AFP via Getty Images
Foto oleh JACK GUEZ/AFP via Getty Images

Pemandangan unik di foto atas sayangnya tidak diambil dari permukaan Planet Mars. Mereka adalah dua orang peserta uji coba hidup di Mars, yang digelar di gurun Negev, Israel. Puluhan peserta dari berbagai negara menjalani simulasi satu bulan hidup di gurun, untuk membayangkan rasanya tinggal di Mars.

Kemunculan Gerombolan Anjing Warna Biru

Pada Februari 2021, muncul pemandangan unik di kota kecil Dzerzhinsk, Rusia. Beredar video sekumpulan anjing liar yang memiliki warna bulu biru tak lazim. Lokasi ditemukannya anjing itu memicu spekulasi netizen. Sebab anjing-anjing itu, menurut perekam videonya, berkeliaran dekat bekas pabrik kimia yang sudah lama tak beroperasi di Kota Dzerzhinsk.

Untunglah ini bukan kasus mutasi binatang akibat limbah kimia seperti di film fiksi ilmiah. Di beberapa gudang pabrik masih tersimpan tembaga sulfat, tersebar di lantai, lantas beberapa anjing liar yang berteduh di sana berguling-guling di atasnya, sehingga bulu mereka berwarna biru. Kisah anjing-anjing berbulu biru itu berakhir manis. Tujuh anjing tersebut diadopsi dan menemukan tempat tinggal baru.

GettyImages-1231254691 (1).jpg
Foto oleh MIKHAIL SOLUNIN\TASS VIA GETTY IMAGES