Pimpinan DPR Harapkan Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI

Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus meminta Presiden Jokowi segera mengirim Supres terkait nama calon Panglima TNI sebelum DPR memasuki masa reses

Pimpinan DPR Harapkan Jokowi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI

JawaPos.com – Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mengirim surat presiden (Supres) terkait nama calon Panglima TNI sebelum DPR memasuki masa reses pada 8 Oktober mendatang.

Adapun Marsekal Hadi Tjahjanto bakal pensiun menjadi Panglima TNI pada November 2021 mendatang. “Diharapkan sebelum itu dengan masa reses yang Insya Allah selesai tanggal 7 (Oktober-Red) kita sudah bisa memiliki panglima TNI,” ujar Lodewijk kepada wartawan, Jumat (1/10).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar ini menuturkan, jika nama calon Panglima TNI tidak dikirim sebelum masa reses DPR. Maka anggota dewan hanya memiliki waktu yang sempit untuk memprosesnya. “Kalau enggak kita menunggu total waktu persiapan sangat sempit,” katanya.

Seperti diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 itu mendatang. Hadi menjabat sebagai Panglima TNI sejak Desember 2017 silam.

Saat ini setidaknya ada dua kandidat yang bakal menjadi Panglima TNI, mereka Adalah KSAD Jenderal Andika Perkasa, dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. Jika merujuk pada matra, saat ini giliran Angkatan Laut (AL) yang mendapat giliran memegang tongkat komando orang nomor satu di TNI. (*)