[SALAH] “Bocah ini Kumpulin Uang Receh Dari Kecil, Borong Iphone 12 Seharga 7 Jutaan dan Airpods Pro Seharga 500 Ribuan”

BUKAN untuk memborong iPhone dan AirPods Pro. Anak di foto itu adalah Eka Duta P, warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Secang, Magelang yang menabung uang recehan [...] The post [SALAH] “Bocah ini Kumpulin Uang Receh Dari Kecil, Borong Iphone 12 Seharga 7 Jutaan dan Airpods Pro Seharga 500 Ribuan” appeared first on TurnBackHoax.ID.

[SALAH] “Bocah ini Kumpulin Uang Receh Dari Kecil, Borong Iphone 12 Seharga 7 Jutaan dan Airpods Pro Seharga 500 Ribuan”

BUKAN untuk memborong iPhone dan AirPods Pro. Anak di foto itu adalah Eka Duta P, warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Secang, Magelang yang menabung uang recehan sejak SD untuk mendaftar ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) pada tahun 2017.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konteks yang Salah
===========================================

Akun Instagram Deepweb Indo (bit.ly/3rOGTh1) pada 7 Desember 2021 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar artikel yang berjudul “VIRAL!! Bocah ini Kumpulin Uang Receh Dari Kecil, Borong Iphone 12 Seharga 7 Jutaan dan Airpods Pro Seharga 500 Ribuan dari @tokolelangofficial”

Sumber: bit.ly/3pJc6zj (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya artikel yang mengklaim adanya seorang anak yang mengumpulkan uang receh dari kecil untuk memborong iPhone dan AirPods Pro merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan untuk memborong iPhone dan AirPods Pro. Anak di foto itu adalah Eka Duta P, warga Desa Ngadirejo, Kecamatan Secang, Magelang yang menabung uang recehan sejak SD untuk mendaftar ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) pada tahun 2017.

Foto yang sama, dimuat di artikel berita berjudul “Bocah Magelang ini Menabung Uang Recehan Sejak SD untuk Daftar MAN” yang terbit di situs detik.com pada Rabu, 21 Jun 2017.

Dilansir dari artikel ini, foto yang menjadi viral itu adalah peristiwa saat Duta itu sedang mendaftar sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Selasa (20/6/2017).

Saat mendaftar, Duta membawa uang receh senilai Rp 1 juta dari hasil menabung sejak dirinya masih di bangku Sekolah Dasar (SD). Dia memang sengaja menabung sejak dulu untuk bekal mendaftar sekolah karena tidak ingin merepotkan orangtua. Peristiwa tersebut dibenarkan oleh Agung Dwi Lasmono, guru yang menerima pendaftaran Duta di MAN 1 Payaman, kepada detikcom, Rabu (21/6/2017).

REFERENSI
https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3538045/bocah-magelang-ini-menabung-uang-recehan-sejak-sd-untuk-daftar-man

The post [SALAH] “Bocah ini Kumpulin Uang Receh Dari Kecil, Borong Iphone 12 Seharga 7 Jutaan dan Airpods Pro Seharga 500 Ribuan” appeared first on TurnBackHoax.ID.