[SALAH] Foto Paus Gereja Katolik Berada di Kuil Setan

Hasil periksa fakta Fathia IS. Klaim tersebut salah, faktanya foto Paus Fransiskus berada di Kuil Setan Lucifer di Kolombia adalah hasil manipulasi dua foto yang [...]

[SALAH] Foto Paus Gereja Katolik Berada di Kuil Setan

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah, faktanya foto Paus Fransiskus berada di Kuil Setan Lucifer di Kolombia adalah hasil manipulasi dua foto yang berbeda, foto asli Paus Fransiskus diambil oleh seorang jurnalis pada saat Paus sedang berada di Vatikan.

Selengkapnya di bagian penjelasan referensi.

= = =
Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/EcFMJ

= = =
Narasi:
“I am posting this in picture form for those that will close their eyes in disbelief! Too late! You will never be able to unsee this! The Pope in a Catholic Church, upside down cross, Baphomet behind him and he is standing on the Satanic Pentagram Star!

Terjemahan:
“Saya memposting ini dalam bentuk gambar untuk mereka yang akan menutup mata karena tidak percaya! Sangat terlambat! Anda tidak akan pernah bisa melihat ini! Paus di Gereja Katolik, salib terbalik, Baphomet di belakangnya dan dia berdiri di Bintang Pentagram Setan!”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah unggahan foto di media sosial Twitter yang menunjukkan Paus Fransiskus sedang berada di Kuil Setan Lucifer di Kolombia. Dalam narasinya, ia menyiratkan seakan-akan Paus telah beralih dan dunia menutup mata karena tidak percaya, melalui gambar tersebut pengunggah berusaha menunjukkan bukti Paus berada di Kuil Setan dengan salib terbaik dan berdiri di atas bintang pentagram setan.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil manipulasi dari dua gambar yang berbeda. Dilansir dari AFP, latar pada foto yang menunjukkan foto dalam Kuil Lucifer yang pernah dipublikasikan oleh sebuah artikel pada 2016 yang membahas mengenai peluncuran kuil tersebut. Sedangkan foto Paus Fransiskus diambil oleh jurnalis news agency EFE, Angelo Carconi, pada saat Paus di Vatikan.

Dengan demikian klaim Foto Paus Gereja Katolik Berada di Kuil Setan merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =
Referensi:
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9PQ8VF-1

= = =
Editor: Bentang Febrylian