[SALAH] Pemerkosa 21 Santriwati Babak Belur dalam Rutan

Hasil Periksa Fakta Fathia IS. Klaim tersebut salah. Faktanya , telah dikonfirmasi oleh Kepala Rutan Kelas 1A Kebon Waru Bandung membantah hal tersebut, kemudian foto [...] The post [SALAH] Pemerkosa 21 Santriwati Babak Belur dalam Rutan appeared first on TurnBackHoax.ID.

[SALAH] Pemerkosa 21 Santriwati Babak Belur dalam Rutan

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya , telah dikonfirmasi oleh Kepala Rutan Kelas 1A Kebon Waru Bandung membantah hal tersebut, kemudian foto yang disematkan dalam informasi tersebut merupakan hasil suntingan.

= = =
Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/3eaXp2P

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/12/SALAH-Pemerkosa-21-Santriwati-Babak-Belur-dalam-Rutan-1.pdf

= = =
Narasi:
“Herry Wirawan pemerkosa 21 santriwati, babak belur di dalam rutan”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi di media sosial Facebook yang menunjukkan foto Herry Wirawan pelaku pemerkosa 21 santriwati, babak belur. Luka lebam dalam foto tersebut diklaim sebagai luka lebam akibat babak belur di dalam rutan. Diketahui saat ini, Herry Wirawan ditahan di Rutan Kelas 1A Kebon Waru Bandung.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada informasi yang valid terkait pemberitaan Herry Wirawan telah babak belur dalam hutan. Selain itu, melalui Kompas Riko, Kepala Rutan Kelas 1A Kebon Waru Bandung telah mengonfirmasi bahwa informasi tersebut merupakan kabar bohong dan membantah keaslian foto babak belur yang beredar “Saya dengar informasi ada foto viral lebam-lebam, saya selaku kepala rutan pastikan kondisi beliau sehat” Ujar Riko.

Dengan demikian klaim pemerkosa 21 santriwati babak belur dalam Rutan merupakan informasi yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori Konten Palsu.

= = =
Referensi:
https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/15/153000165/-hoaks-foto-tersangka-pemerkosaan-herry-wirawan-babak-belur?page=all
https://www.kompas.tv/article/240721/keanehan-pesantren-milik-herry-wirawan-guru-cuma-satu-hingga-tak-ada-ijazah-bagi-santri-yang-lulus
https://www.youtube.com/watch?v=G44R4ADabKA

= = =
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Pemerkosa 21 Santriwati Babak Belur dalam Rutan appeared first on TurnBackHoax.ID.