[SALAH] Rencana Pencurian Kabel Optik di Area RSPAD Senen, Jakarta Pusat oleh 4 Oknum, 3 Diantaranya ialah Anggota Kepolisian

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, AKP [...] The post [SALAH] Rencana Pencurian Kabel Optik di Area RSPAD Senen, Jakarta Pusat oleh 4 Oknum, 3 Diantaranya ialah Anggota Kepolisian appeared first on TurnBackHoax.ID.

[SALAH] Rencana Pencurian Kabel Optik di Area RSPAD Senen, Jakarta Pusat oleh 4 Oknum, 3 Diantaranya ialah Anggota Kepolisian

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, AKP Sam Suharto memastikan informasi yang beredar itu adalah hoax.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: WhatsApp

===

Narasi:
“Perihal :4 orang diamankan Tertangkap Tangan Rencana Pencurian Kabel Optik di Area RSPAD Senen Jakarta Pusat

  1. Fakta Fakta :

Pada Hari Rabu tanggal 01 Desember Pukul 08.00 wib telah tertangkap tangan 3 orang oknum polisi 1 orang sipil (Sebagai supir Truk) Rencana pencurian Kabel Optik di gorong-gorong kabel bawah tanah Area RSPAD Gatot Subroto Senen Jakarta Pusat oleh PAMLAP RSPAD

Adapun yang dapat dilaporkan sbb:

A. 4 orang Tertangkap tangan rencana pencurian Kabel Optik di Area RSPAD Gatot Subroto Senen Jakarta Pusat antara lain:.”

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar pesan berantai terkait informasi rencana pencurian kabel optik di Area RSPAD Gatot Subroto, Senen, Jakarta Pusat. Dalam pesan tersebut dijelaskan bahwa pelaku yang merencanakan pencurian tersebut sebanyak 4 orang dengan 3 orang diantaranya ialah anggota kepolisian dan 1 orang lainnya ialah supir truk.

Namun melansir dari wartakota.tribunnews.com, Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, AKP Sam Suharto memastikan informasi yang beredar itu adalah hoax. Sam Suharto menjelaskan bahwa peristiwa yang sebenarnya terjadi pada saat itu ialah adanya informasi yang diterima pihak Polres terkait dengan keributan yang terjadi di RSPAD Gatot Subroto. Lalu mengetahui informasi tersebut, tiga anggota kepolisian yang sedang bertugas bergegas mendatangi lokasi tersebut. Setiba di lokasi, sudah terdapat satu pelaku yang telah merencanakan pencurian kabel optik bernama Sumardi yang telah diamankan oleh petugas piket RSPAD yang merupakan anggota TNI.

Melansir dari merahputih.com, terduga pelaku rencana pencurian tersebut telah diamankan oleh aparat kepolisian untuk diperiksa lebih lanjut. Sam Suharto menegaskan kembali bahwa dalam peristiwa tersebut tidak ada keterlibatan anggota Polri. Selain itu tim gabungan dari TNI dan Polri juga akan melakukan penyelidikan lebih mendalam untuk menangkap pelaku penyebaran berita bohong tersebut.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait rencana pencurian kabel optik di area RSPAD Senen, Jakarta Pusat oleh 4 oknum, 3 diantaranya ialah anggota kepolisian, masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://merahputih.com/post/read/beredar-hoaks-oknum-polisi-terlibat-pencurian-kabel-optik-di-rspad-gatot-subroto
https://wartakota.tribunnews.com/2021/12/03/polres-metro-jakarta-pusat-luruskan-berita-hoax-tiga-oknum-polisi-terlibat-pencurian-kabel-optik

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Dedy Helsyanto

The post [SALAH] Rencana Pencurian Kabel Optik di Area RSPAD Senen, Jakarta Pusat oleh 4 Oknum, 3 Diantaranya ialah Anggota Kepolisian appeared first on TurnBackHoax.ID.