[SALAH] Sebuah Artefak Kuno Ditemukan di Iraq oleh Arkeolog Inggris Tahun 1932

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR Informasi palsu. Artefak tersebut sebenarnya tidak pernah ada dan hanya buatan aplikasi digital. Adapun latar belakang pada gambar diambil [...] The post [SALAH] Sebuah Artefak Kuno Ditemukan di Iraq oleh Arkeolog Inggris Tahun 1932 appeared first on TurnBackHoax.ID.

[SALAH] Sebuah Artefak Kuno Ditemukan di Iraq oleh Arkeolog Inggris Tahun 1932

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Informasi palsu. Artefak tersebut sebenarnya tidak pernah ada dan hanya buatan aplikasi digital. Adapun latar belakang pada gambar diambil di Mesir pada tahun 1910, bukan Irak.

Selengkapnya baca di penjelasan dan referensi.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Grup Telegram
http://archive.today/NVQAW

=====
NARASI:


November 29, 1932, Iraq
A group of English archaeologists discovered a complex set of solid granite structures, with intriguing highlights and cuneiform language.
Hmm… around the same time they found the Stargate

(terjemahan)
Sekelompok arkeolog Inggris menemukan satu set kompleks struktur granit padat, dengan sorotan yang menarik dan bahasa runcing.

Hmm … sekitar waktu yang sama mereka menemukan Stargate

=====

PENJELASAN:


Beredar postingan di grup Telegram bernama “Majestic 12 Chat”, yang memposting sebuah gambar artefak kuno terbuat dari batu granit dan membentuk spiral di bagian tengahnya.

Keterangan gambar dijelaskan bahwa artefak kuno tersebut ditemukan di Irak tahun 1932 oleh seorang arkeolog Inggris.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, gambar penemuan batu kuno tersebut hanya rekayasa. Dilansir dari checkyourfact.com, batu granit persegi panjang yang memiliki bentuk spiral di tengahnya adalah hasil karya Seniman Italia bernama Andrea Bonazzi.

Bonazzi saat dihubungi melalui email oleh checkyourfact.com menyatakan bahwa ia memotret batu persegi panjang kemudian mengeditnya menggunakan Photoshop sehingga terlihat sebagai batu dari jaman kuno. Karyanya dapat dilihat di website pribadinya (https://in-tenebris-scriptus.blogspot.com/2015/01/unclassified-find-leng-1925.html?m=1).

Sebagian besar karya ilustrasi Bonazzi bertemakan genre fantasi, horror, fiksi unik, dan Ia juga terinspirasi oleh seorang penulis bernama H.P. Lovecraft.

Adapun background di belakang batu kuno diambil di situs kuil kuno di Mero, Mesir, pada tahun 1910, menurut Museum Arkeologi Garstang. Dalam foto aslinya tidak terdapat foto batu persegi panjang sebagaimana pada postingan di Telegram.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim dalam postingan Majestic 12 Chat adalah hoaks dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====
REFERENSI:
https://checkyourfact.com/2021/11/30/fact-check-1932-discovery-iraq-photo/
https://in-tenebris-scriptus.blogspot.com/2015/01/unclassified-find-leng-1925.html?m=1

https://m.facebook.com/GarstangMuseum/photos/this-image-taken-in-1910-shows-the-main-altar-in-the-temple-of-amun-at-mero%C3%AB-aft/4137885752920011/

https://in-tenebris-scriptus.blogspot.com/2015/01/unclassified-find-leng-1925.html?m=1

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Sebuah Artefak Kuno Ditemukan di Iraq oleh Arkeolog Inggris Tahun 1932 appeared first on TurnBackHoax.ID.