Syaiful Huda Sebut Learning Loss Sudah Terjadi Akibat Pandemi Covid-19

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) disebut sebagai ancaman terjadinya learning loss.

Syaiful Huda Sebut Learning Loss Sudah Terjadi Akibat Pandemi Covid-19

JawaPos.com – Sistem pendidikan di Indonesia berubah sejak pandemi Covid-19 melanda. Alternatif lain terlaksananya aktivitas belajar-mengajar, yakni pembelajaran jarak jauh (PJJ) disebut sebagai ancaman terjadinya learning loss.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengatakan, learning loss tersebut telah terjadi pada generasi muda Tanah Air, yakni setelah pandemi ini berlangsung lebih dari 1,5 tahun.

Learning loss sudah terjadi, tingkat partisipasi kasar peserta didik kita mengalami penurunan cukup tinggi. Kepedulian orang tua yang tidak lagi pada posisi yang siap mengganti peran guru,” ungkapnya dalam Rakornas KPAI 2021 secara daring, Senin (30/8).

Kondisi ini pun diibaratkan sebagai darurat pendidikan. Kata dia, hanya ada satu opsi terbaik untuk mengakhiri kondisi tersebut, yakni pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Dalam rangka menyudahi darurat pendidikan yang mengalami pendalaman persoalan kualitas dan kuantitas ini dengan berbagai pertimbangan yang serba sulit, PTM terbatas menjadi opsi yang kira-kira paling baik di hari ini,” tutur dia.

Akselerasi PTM pun harus dilakukan segera agar bisa meminimalisir dampak learning loss tersebut. Akan tetapi, perlu juga dilaksanakan dengan kehati-hatian yang tinggi.

“Secepatnya dilakukan PTM, dan ini sifatnya masih sangat terbatas, dimana seminggu cukup dua hari, dan selebihnya tetap apa yang dimaksud dengan blended learning,” pungkas dia.